fbpx

Tips untuk mahasiswa menata interior apartemen sehingga nyaman dan mendorong kamu produktif

Saat membeli dan memutuskan untuk tinggal di apartemen, langkah selanjutnya adalah bagaimana menata ruangan apartemen sehingga dapat membuat kamu nyaman dan menunjang aktivitas kamu di saat bersamaan dapat membuat kamu beristirahat dengan nyenyak. Kenapa hal ini menjadi penting, karena ruangan yang tersedia cukup terbatas. Naun tidak menutup kemungkinan justru dengan tata ruang yang tepat dapat membuat kamu sangat nyaman dan membuat kamu produktif.

Tentu hal ini tidak berlaku untuk unit 2 bed-room dan 3 bed-room atau lebih di sebuah apartemen. Tips-tips yang akan kamu baca di khusus kan untuk tipe unit studio atau flat dan 1 bed-room bagi mahasiswa. Untuk itu bagi mahasiswa mahasiswi, penting kamu baca tips-tips ini hingga selesai yaa.

Skema warna yang tepat dan memberikan kesan luas

Pemilihan warna dalam dinding, furnitur atau elemen lainnya dalam kamar adalah hal dasar yang kamu perlu tentukan. Warna terang dapat membuat ruangan kamu terlihat luas sehingga pikiran kamu tidak cepat jenuh karena ruangan terasa luas. Tidak cukup hanya terang namun juga warna warna yang mungkin kamu suka dan ceria. Sehingga perasaan yang muncul setiap kamu pulang atau menghabiskan waktu di dalam apartemen akan selalu ceria dan membawa pemikiran positif.

Tapi tidak berarti warna gelap favorit kamu tidak cocok ya, untuk beberapa sisi dinding atau warna furniture yang gelap memberikan perasaan tenang dan nyaman. Jadi untuk sisi sisi kamar yang kamu pikir membutuhkan ketenangan, coba untuk mengaplikasikan juga warna gelap favorit kamu.

Elemen pelengkap yang fungsional dan cocok

Elemen pelengkap dari sebuah ruangan dapat membuat kamu lebih nyaman, namun juga harus fungsional. Contohnya karpet dan pembatas ruang tidur dengan ruang kerja atau belajar. Karpet dapat menahan dingin lantai di dalam ruangan, dapat juga membuat kamu nyaman duduk di atasnya dengan beberapa teman mu untuk kerja kelompok, bercerita ataupun bermain bersama. Pembatas ruangan dapat membantu kamu bisa tetap produktif dan istirahat tanpa terkesan terbuka. Sehingga kamu dapat menyelesaikan tugas atau belajar untuk ujian namun setelah itu dapat ber istirahat dengan nyaman dan private.

Furnitur yang tepat dan sesuai dengan ukuran ruangan

Usahakan gunakan furnitur yang hanya berfungsi dan menunjang kamu belajar atau menunjang kebutuhan primer kamu, barang barang yang hanya terlihat menarik atau hiasan usahakan tidak mendominasi dan letakan di tempat yang tepat. Bagaimana kamu menata dan menyesuaikan ukurannya dengan ruangan yang tersedia dapat membuat apartemen kamu jadi hunian idaman.

Mulai dari urutkan furnitur yang menurut kamu adalah kebutuhan primer. Setelah itu lanjutkan dengan furnitur yang menunjang kamu belajar atau bekerja, dan boleh disisipkan juga entertaiment seperti TV atau speaker. Terakhir baru furnitur yang berfungsi sebagai penghias ruangan. Selanjutnya adalah coba ukur, cari tahu di internet atau kira kira berapa dimensi atau space yang tersedia. Ini membantu kamu menentukan tata ruangnya seperti apa dan apa yang kamu butuhkan. Semua itu untuk menghindari kamu overload furnitur untuk apartemen kamu.

Sisipkan tanaman baik artificial atau tanaman dalam ruangan

Dari psikologi warna, hijau dapat membuat kamu refresh dan segar. Tanaman juga membantu menghasilkan oksigen untuk kamu sehingga ruangan terasa adem dan ruang bernafasnya luas. Jadi saat kamu merasa jenuh, lelah dan pusing karena banyak yang di pikirkan, kamu bisa melihat tanaman atau sambal merawat tanaman sehingga kamu terhindar dari stress.

Hindari barang yang fungsinya sama dengan jumlah yang lebih dari satu

Barang yang fungsinya sama atau hanya berbeda sedikit atau jam penggunaan yang beda hanya akan memenuhi ruangan kamu dan menghamburkan uang kamu, sebagai mahasiswa kamu harus bisa mengolah keuangan kamu lebih baik dan tibak membuang buang dengan membeli barang yang tidak perlu atau fungsinya sama seperti AC dan kipas sebagai penyejuk ruangan.

Susun skala prioritas dalam membeli kebutuhan ruangan

Kebutuhan kamu banyak, sehingga membeli barang dengan tergesa-gesa atau terlalu banyak membuat keuangan kamu cepat habis, jangan sampai kamu terlalu konsumtif apalagi terhadap barang yang sebenarnya tidak kamu perlu.

Dengan mengikuti semua tips ini, kamu bisa menata ruangan kamu lebih baik dan sesuai kebutuhan. Jika sudah maka ruangan kamu akan menjadi ruangan yang paling nyaman dan mendukung kamu untuk lebih produktif setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *